Liga Inggris : Menjamu Everton Manchester City Wajib Menang

Memasuki pekan ke-8 dalam lanjut Liga Inggris yang akan dimainkan pada tanggal 15-16 Oktober 2016. Manchester City akan bertemu tim papan tengah yang saat ini sedang merangkak naik posisinya di klasemen sementara, yaitu Everton. Bermain di kandang, Etihad Stadium akan memberikan keuntungan bagi City. Dalam pertandingan kali ini the citizen harus bisa meraih poin penuh, pasalnya saat ini perolehan poin pasukan Guardiola hanya terpaut satu poin saja dari Totenham.

Jadwal Liga Inggris di laga ke-8 ini memang menjadi laga yang sangat penting bagi anak asuh Pep Guardiola. Kekalahan mereka pekan lalu dari pasukan London Barat (Totenham) membuat nasib pucuk klasemen menjadi tidak aman. Pemain kunci sekaligus penggedor pertahanan lawan yakni Sergio Aguero, di prediksi akan sangat di maksimalkan oleh pelatih berkepala pelontos itu.

manchester-city

Melawan Everton seharusnya diatas kertas the citizen bisa memenangkannya dengan cukup mudah, apalagi harus bermain di kandang sendiri. Target kemenangan sudah jelas akan menjadi prioritas utama bagi pasukan Guardiola. “Kemenangan minggu ini adalah sangat penting bagi kami. Poin penuh adalah harga mati jika tidak ingin turun dari posisi atas di klasemen sementara,” jelas Pep Guardiola.

Kekuatan Manchester City memang diatas kertas mampu mengatasi Everton, tapi dalam kubu tuan rumah terdapat satu masalah yaitu dengan tidak bisa dimainkannya pemain bertahan vincent kompany dan Kevin De Bruyne karena memiliki masalah dengan ototnya. Absennya dua pemain andalan ini jelas akan mengurangi kekuatan City, namun sepertinya Pep Guardiola sudah menyiapkan strategi khusus untuk melapis kekosongan posisi yang kerap kali menjadi posisi andalan kedua pmain tersebut.

“Kami memang memiliki masalah dengan absennya kedua pemain penting dalam tim. Tapi itu semua bukanlah masalah besar yang akan menjadi alasan kami dan saya sudah menyiapkan beberapa strategi agar bisa mendapatkan kemenangan besar pada laga nanti,” jelas Guardiola. Jika posisi pucuk yang saat ini di huni oleh Manchester City tidak ingin di rebut oleh Totenham maka kemenangan sudah menjadi hasil mutlak bagi pasukan the citizen.

Everton Akan Menyulitkan

everton

 

Saat ini pasukan Ronald Koeman berada di posisi ke-5 pada klasemen sementara Liga Inggris. Keberhasilan mereka dalam merangkak sampai menuju lima besar dari papan tengah patut di perhitungkan oleh Manchester City. Everton bukanlah lawan yang mudah dikalahkan, tim tersebut memiliki daya juang yang sangat bagus sekali. Menyerang secara spartan dan mampu memainkan pola serangan cepat.

Meski bertindak menjadi tim tamu di Etihad Stadium, banyak pengamat yang memberikan prediksi kemenangan bagi The Toffeemen (julukan Everton). Seperti yang sudah-sudah, kemampuan anak asuh Ronal Koeman ini harus menjadi perhatian oleh tim tuan rumah, penguasaan bola adalah kunci dalam meraih poin dalam menjagal pasukan Guardiola yang terkenal dengan pola tiki taka.

“Saya akan memberikan yang terbaik untuk tim ini dan paling tidak bisa meraih satu poin di Etihad Stadium. Mereka adalah lawan yang cukup tangguh dan tim kami harus bermain disiplin serta penguasaan bola yang lebih bagus jika ingin memaksimalkan laga kali ini,” tutur Koeman.

Pola Permainan

Adu strategi antar dua pelatih akan sangat menarik. Laga ini sangat penting bagi kelanggengan posisi pucuk Manchester City. Begitu juga dengan Everton, jika ingin merangsek naik pada klasemen Liga Inggris mereka harus bisa memenangkan pada laga nanti.

Kedua tim ini memiliki pola permainan hampir sama. Pep Guardioala yang terkenal dengan filosofinya mengenai umpan-umpan pendek cepat atau dikenal sebagai tiki taka. Maka bisa dipastikan penguasaan bola akan menjadi lebh banyak berada di kaki anak-anak Man City.

Bagi Everton sendiri kemenangan memang sangat diperlukan, tetapi bisa mendapatkan satu poin di Etihad stadium sudah cukup bagus. Formasi 4-3-3 merupakan tipe formasi yang akan memberikan daya serang secara maksimal. Menggunakan tiga penyerang sekaligus sepertinya The Toffeemen akan menekan tuan rumah agar tidak bisa mengembangkan tiki taka ala Guardiola.